Sabtu, 23 November 2013

cara meembuat tiramisu

Membuat Tiramisu


Untuk 5 - 6 gelas tiramisu menggunakan cup diameter 10 cm dan tinggi 15 cm.

Bahan:
- 1 buah sponge cake atau cake lainnya (saya menggunakan cake coklat kukus)
- 250 ml krim kental/whipping cream (bisa pakai merk apapun, saya pakai merk Elle n Vire)
- 200 gram cream cheese (bisa pakai merk apapun, saya pakai merk Elle n Vire), jika cream cheese baru keluar dari kulkas dan keras, biarkan di suhu ruang 1 - 2 jam agar lembut.
- 100 - 125 gram gula halus (blender gula pasir hingga lembut)
- 1 1/2 sendok teh vanila ekstrak
- 2 sendok teh Nescafe instan seduh dengan 100 ml air panas
- bubuk coklat untuk hiasan

Cara membuat:


Siapkan mangkuk mikser, masukkan cream cheese, whipping cream, vanilla ekstrak, dan gula halus. Kocok menggunakan mikser dengan kecepatan rendah agar bahan tercampur kemudian tambahkan kecepatan menjadi tinggi dan kocok hingga kembang dan kental. Matikan mikser.

Note: berlebihan mengocok akan membuat adonan pecah dan terpisah antara krim dan air


Potong-potong cake dengan ketebalan 1 cm dan diameter sesuai dengan gelas /cup atau wadah yang anda gunakan. Olesi cake dengan air Nescafe dengan menggunakan kuas.Tata selembar cake di dasar cup.


Masukkan 1 sendok makan adonan cream cheese, ratakan permukaannya, kemudian taburi permukaan cream cheese dengan coklat bubuk. Gunakan saringan kecil untuk menaburkan coklat bubuk agar hasilnya merata. Letakkan selembar cake yang telah dibasahi kopi diatas coklat bubuk yang telah ditaburkan kemudian lanjutkan menutupi cake dengan cream cheese. 


Ketebalan lapisan cream cheese dan banyaknya lembaran cake yang digunakan tergantung dari selera anda masing-masing. Ukur dengan baik diameter lembaran cake yang digunakan agar pas masuk kedalam cup. 


Terakhir tutup permukaan atas tiramisu dengan adonan cream cheese, taburi dengan coklat bubuk dan hiasi dengan potongan buah diatasnya. Anda bisa menggunakan cherry seperti yang saya gunakan, atau strawberry yang dibelah dua, irisan kiwi, jeruk mandarin, atau anggur, semua kembali ke selera anda masing-masing. 

Masukkan tiramisu ke dalam kulkas. Santap jika telah benar-benar dingin :))

Tidak ada komentar:

Posting Komentar